PC. IPNU-IPPNU KAB. CIREBON GELAR BEDAH ANTOLOGI PUISI

CIREBON, Pengurus PC. IPNU-IPPNU Kab. Cirebon menggelar acara diskusi kesusastraan berupa bedah Antologi Puisi ” Surat Untuk Tuhan” Karya Kang Baequni Haririe. (2/10)

Masih termasuk dalam rangkaian acara Pelantikan dan Rapat Kerja Pengurus IPNU-IPPNU masa khidmat 2010-2012, acara tersebut berlangsung meriah. selain penulis sendiri hadir pula sebagai pembanding yakni  Kang Syubbanudin Alwi (Sastrawan dan Budayawan Cirebon), dan Kang Agus Muhaemin (Penulis dan Kritikus Sastra). Diskusi yang dimoderatori oleh Kang Abd. Muis tersebut digelar pukul 13.30-17.00 WIB.

Masing-masing pembicara di awali dari Kang Baequni Hariri mencoba memaparkan bagaimana keunikan dan ciri khas dari dunia sastra pesantren, selain itu juga beliau banyak bercerita tentang proses penulisan antologi puisi dengan judul yang fenomenal tersebut.

Kang Syubbanudin Alwi sedikit menyinggung dan mengamati karya senior IPNU Cirebon ini sebagai karya yang kontroversial, tebtunya karena penggunaan judul Surat Untuk Tuhan tersebut. “Saya mengamati karya Ubay ini sebagai karya pendobrak yang berasal dari dunia pesantren, namun sebagai kritik mungkin saya bisa mengungkapkan karena emosi yang menggebu sehingga penulis sedikit banyak mengabaikan unsur estetika puisi dalam karyanya”. papar Kang Alwi.

Namun Kang Agus Muhaemin mencoba menyeimbangkan paparan dengan menyatakan diksi-diksi yang diangkat oleh penulis jelas sangat masih memenuhi unsur estetika puisi. Mungkin karena kebanyakan berupa puisi-puisi yang mengungkap makna dan wacana sosial, sehingga sengaja penulis harus mengemasnya dengan bahasa yang renyah dan mudah dicerna.

Bedah antologi puisi ini hanya dibuka satu sesi dengan tiga penanya yang berasal dari audiens, karena keterbatasan waktu, dan masih tersisanya rangkaian acara yang belum dilaksanakan dalam event dwi tahunan IPNU ini. Acara diakhiri dengan pembacaan satu karya Kang Ubay Baequni yang berjudul “Prita” serta satu karya puisi oleh Kang Syubbanudin Alwi. (Obic/IPNU)

 

Posted on 7 October 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: